Jasa Pembuatan ducting,isolasi dan jacketing di JOGJA & SOLO 081228662283

Jasa Pembuatan ducting,isolasi dan jacketing di JOGJA & SOLO 081228662283

Jasa Pembuat Ducting di JOGJA & SOLO

Ducting adalah sebuah alat/bagian dalam sebuah sistem baik itu sistem ventilasi maupun sistem tata udara.

Ducting pada prinsipnya adalah menyalurkan udara atau sesuatu material yang sifatnya ringan yang telah terkondisi menuju ke suatu tempat yang di tuju.

Ducting AC misalnya , dia berfungsi untuk menyalurkan udara yang telah terkondisi ( dingin , RH rendah dan fresh ) dari sebuah evaporator indoor menuju ke ruangan atau bagian yang akan di dinginkan.

Ducting fresh air , berfungsi untuk menyalurkan udara yang segar/fresh dari luar ruangan menuju ke dalam sebuah ruangan.

Ducting exhaust , berfungsi untuk menyalurkan udara kotor/tidak terpakai dari dalam suatu ruangan , menuju ke ruangan lain atau open area.

Dust Collector adalah ducting untuk menyalurkan debu atau material kecil hasil dari sebuah produksi , untuk dibuang keluar.

Bahan pembuat ducting banyak macamnya , ada yang terbuat dari aluminium , galvalum , blacksteel , stainlessteel , galvanis/BJLS  , PIR , PU , kain/leather dan pipa PVC.

Namun dalam uraian kali ini , kami hanya akan membahas ducting yang ada kaitannya dengan sistem HVAC ( Heating , Ventilating dan Air Conditioner ) . Karena basic keahlian kami memang terfokus di dunia sistem pendinginan ( refrigerasi ) , sistem tata udara ( air conditioning ) dan sistem ventilasi ( freshair sistem dan exhaust sistem ).

Penulis bukanlah lulusan sarjana atau diploma khusus yang mempelajari HVACR , tapi penulis adalah praktisi yang sudah berkecimpung lama dalam dunia HVACR , seingat penulis mulai tahun 2004 silam.

Hingga sekarang tidak terasa sudah 16 tahun lamanya berkecimpung dalam dunia HVACR . Semua pengalaman dan ilmu yang penulis dapatkan bukanlah secara instan , tapi melewati bermacam tahapan dan kendala.

Penulis berusaha belajar lebih banyak tentang dunia pendingin , yang penulis baca dari beberapa literature / sumber / nara sumber , dan mencoba meng aplikasikan ilmu tersebut dalam praktek keseharian.

Sehingga saat ini penulis bisa mencoba berdikari , berusaha mandiri tidak tergantung kepada orang lain dan sisi positifnya bisa mengurangi pengangguran dengan mempekerjakan lulusan – lulusan SMK yang belum mendapatkan pekerjaan dan mempunyai dasar di listrik , elektronika dan mekanik.

Silahkan mengikuti blog saya ini secara rutin , dimana saya akan mencoba share pengalaman pribadi selama menekuni dunia HVACR.

 

Tinggalkan komentar